Pengembangan Literasi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Untuk itu diperlukan upaya dari lingkungan terdekat yakni orang tua dalam pendamping anak agar memiliki kemampuan literasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan literasi pada anak usia dini. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang tua yang memiliki anak usia empat tahun di Desa Sumber Jaya. Pada penelitian ini penulis sebagai instrumen pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua adalah mengembangkan literasi pada anak usia dini antaranya orang tua membiasakan membacakan buku kepada anak, orang tua menyediakan fasilitas yang memadai, orang tua memiliki jadwal yang teratur untuk belajar maupun bermain pada anak, reward sebagai wujud apresiasi kepada anak, dan orang tua harus menjadi suritauladan bagi anak. Anak yang mendapatkan peran orang tua lebih dapat memiliki peluang untuk berkembang lebih baik dalam literasi pada anak yang kurang mendapat peran dari orang tuanya.
Copyrights © 2023