BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Vol 4, No 01 (2023): Mei 2023

Mix-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SMP Negeri 6 Wewewa Timur

Peka, Magdalena Koni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan metode mix-pair-share dan bagaimana proses penerapan mix-pair-share pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Wewewa Timur tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Wewewa Timur. Dalam mengumpulkan data, penelitian menggunakan catatan lapangan, dan tes. Berdasarkan temuan penelitian, dapat dikatakan bahwa menggunakan metode mix-pair-share dalam mengajar berbicara berhasil karena kriteria keberhasilan tercapai. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 54,3 sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 60,6 dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 66,6. Kriteria keberhasilan tindakan adalah 75% siswa dapat mencapai target skor kriteria tingkat penguasaan minimal atau KKM pelajaran bahasa Inggris adalah 65 (enam puluh lima). Hal ini dapat dilihat dari partisipasi mereka di kelas, partisipasi mereka dalam percakapan, dan kinerja mereka dalam pasangan. Ketiga, terkait hasil angket, terbukti respon siswa terhadap profesionalisme guru dan minat mereka belajar berbicara dengan metode mix-pair-share adalah 100% yang berarti termasuk dalam kategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menyukai metode mix-pair-share. Selain itu, mereka mengakui bahwa kemampuan berbicara mereka meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Bahtra

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan ...