Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran REMAP RT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII dalam pemahaman membaca di SMPN 3 Wewewa Timur. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes siswa, kegiatan siswa, dan guru menggunakan lembar observasi, pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REMAP RT dapat meningkatkan kompetensi kognitif siswa. Persentase prestasi klasik siswa dalam kompetensi kognitif meningkat dari waktu ke waktu. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 46% (tidak cukup), pada siklus I adalah 50% (tidak cukup) dan pada siklus II adalah 92% (sangat baik). Sementara itu, persentase Aktivitas siswa juga meningkat. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 52% (cukup), pada siklus I adalah 64% (baik) dan pada siklus II adalah 80% (sangat baik). Dari hasil temuan, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran REMAP RT dapat meningkatkan kompetensi kognitif dan aktivitas siswa di kelas VII SMPN 3 Wewewa Timur
Copyrights © 2021