BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Vol 4, No 01 (2023): Mei 2023

Penerapan Model Reading-Concept Map-Group Investigation (ReMap-GI) untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa

Ganaka, Rita Zubaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui model pembelajaran Reading-Concept Map-Group Investigation (ReMap-GI) yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII dalam pemahaman membaca di SMPN 1 Praya Barat. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes siswa, kegiatan siswa dan guru menggunakan lembar observasi, pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ReMap-GI dapat meningkatkan kompetensi kognitif siswa. Persentase prestasi klasik siswa dalam kompetensi kognitif meningkat dari waktu ke waktu. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 46% (tidak cukup), pada siklus I adalah 50% (tidak cukup) dan pada siklus II adalah 92% (sangat baik). Sementara itu, persentase Aktivitas siswa juga meningkat. Pada pra-siklus, persentasenya adalah 52% (cukup), pada siklus I adalah 64% (baik) dan pada siklus II adalah 80% (sangat baik).  Dari hasil temuan, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran ReMap-GI dapat meningkatkan kompetensi kognitif dan aktivitas siswa di kelas VII SMPN 1 Praya Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Bahtra

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan ...