Jurnal IPA Terpadu
Vol 7, No 3 (2023)

ANALISIS SIKAP ILMIAH, AKTIVITAS, DAN RESPON CALON GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJEK DI MASA PANDEMI COVID-19

Tawil, Muh (Unknown)
Rusli, Muhammad Aqil (Unknown)
Bakara, Hasanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sikap ilmiah, aktivitas, dan respon terhadap   menerapkan pembelajaran projek. Jumlah sampel penelitian 98 calon guru  tahun ajaran 2022/2023  di Program Studi Pendidikan IPA di FMIPA Universitas Negeri Makassar.  Metode penelitian yang diterapkan adalah metode pra eksperimen semu, Instrumen penelitian: 1) angket sikap ilmiah dengan skala liker dan 2) lembar observasi keterlaksaaan pembelajaran projek.  Hasil analisis statistis deskriptif ditemukan bahwa: 1) 100 persen calon guru IPA  aktif dalam mengikuti pembelajaran projek pada masa pandemic covid-19; 2) tanggapan calon guru IPA terhadap pelaksanaaan pembelajaran projek berbasis sangat positif; 3) skor rata-rata sikap ilmiah 49,49 termasuk kategori tinggi. Kesimpulan pembelajaran projek dapat 1) mengaktifkan calon guru belajar, 2) tanggapan calon guru terhadap pelaksanaaan pembelajaran projek berbasis sangat positif, 3)  menunmbuhkembangkan sikap ilmiah.

Copyrights © 2023