Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sikap ilmiah, aktivitas, dan respon terhadap menerapkan pembelajaran projek. Jumlah sampel penelitian 98 calon guru tahun ajaran 2022/2023 di Program Studi Pendidikan IPA di FMIPA Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode pra eksperimen semu, Instrumen penelitian: 1) angket sikap ilmiah dengan skala liker dan 2) lembar observasi keterlaksaaan pembelajaran projek. Hasil analisis statistis deskriptif ditemukan bahwa: 1) 100 persen calon guru IPA aktif dalam mengikuti pembelajaran projek pada masa pandemic covid-19; 2) tanggapan calon guru IPA terhadap pelaksanaaan pembelajaran projek berbasis sangat positif; 3) skor rata-rata sikap ilmiah 49,49 termasuk kategori tinggi. Kesimpulan pembelajaran projek dapat 1) mengaktifkan calon guru belajar, 2) tanggapan calon guru terhadap pelaksanaaan pembelajaran projek berbasis sangat positif, 3) menunmbuhkembangkan sikap ilmiah.
Copyrights © 2023