Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar IPA peserta didik setelah penerapan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. (2) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan model pembelejaran inkuiri terbimbing. (3) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 49 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian One Group pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 49 Makassar. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas VIII.1 32 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis disimpulkan: (1) tingkat hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan alat optik adalah tinggi. (2) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan alat optik adalah sedang. (3) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 49 Makassar dengan pengujian hipotesis ????ℎ???????????????????? = 17,89 > ???????????????????????? = 1,701.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023