Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance

CUSTOMER SATISFACTION IN USING MOBILE SERVICES BANK SYARIAH INDONESIA

Sugiarti, Dian (Unknown)
Meilani, Any (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Transformasi digital dunia saat ini berkembang pesat. Indonesia masih menyesuaikan diri dengan era revolusi 4.0, namun perkembangan teknologi dunia sudah menuju era society 5.0. Pemanfaatan teknologi pada sektor jasa telah membawa perubahan finansial yang signifikan pada sektor perbankan. Sektor perbankan mulai menyesuaikan diri dalam percepatan digitalisasi teknologi dan layanan, termasuk di Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan mobile banking pada aspek speed, accessibility, feature, usability dan privacy terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan data primer dan sekunder. Sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 102 responden dengan menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable speed, accessibility, feature, dan usability pada layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel layanan mobile banking memiliki hubungan yang erat sebesar 85,7 % dan memberikan kontribusi sebesar 73,5 % terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...