Penelitian ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan konsep kualitas layanan bank syariah berdasarkan perspektif Islam. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan konsep kualitas layanan bank syariah berdasarkan perspektif Islam dengan menambahkan pondasi konsep kualitas layanan merupakan keimanan dan mentalitas yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang memuat Shidiq, Fathonah, Amanah, dan Tabligh. Selain itu, konsep syariah juga terdiri atas dimensi Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Empathy, dan Responsiveness. Jika seluruh aspek ini berjalan dengan baik, maka hal ini akan berdampak terhadap efektivitas dan efisiensi kegiatan pemasaran bank syariah. Hasil dari penelitian ini merupakan perkembangan terhadap pengetahuan dalam bidang ekonomi Islam pada konteks pengembangan konsep kualitas layanan bank syariah berbasis perspektif Islam. Hasil ini juga dapat dijadikan sebagai patokan kebijakan pemasaran pada perbankan syariah di Indonesia.
Copyrights © 2023