Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan video pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Poncol. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Poncol, semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar ini adalah membuat video pembelajaran yang menarik yang akan diputar saat pembelajaran dilaksanakan. Pada siklus I kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media video sudah cukup terlihat, tetapi karena durasi video yg singkat dan kurang jelas ada beberapa siswa yang belum memahami materi. Dilihat dari sisi siswa, beberapa siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran, dikarenakan guru kurang memberi kesempatan bertanya kepada siswa dan ada siswa yang berbicara dengan temannya bukan tentang pelajaran. Berdasarkan hasil refleksi siklus I upaya meningkatkan hasil belajar yang dilakukan pada siklus II yaitu siswa lebih diberikan kesempatan bertanya dan mengungkapkan pendapat,  siswa dibagikan tablet agar dapat melihat tayangan video secara berulang-ulang dan frekuensi guru keliling dalam memantau jalannya diskusi ditingkatkan agar siswa tidak punya kesempatan membicarakan masalah selain pelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023