Penelitiam ini bertujuan untuk menemukan sejauh mana teknik mind-mapping dapat meningkatkan keterampilan memahami bacaan berita pada siswa kelas VII-C SMPN 1 Suruh tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yakni 32 siswa kelas VII-C. Untuk menentukan hasil penelitian, data dikumpulkan dan dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian berupa pada siklus I, sebanyak 11 siswa (34.3%) yang tuntas dalam memahami bacaan berbentuk berita dengan rata-rata nilai yaitu 69.8; yang berarti prestasi belajar menulis pantun dengan menggunakan teknik mind-mapping di siklus I belum sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu 70; data di siklus II menunjukkan 27 siswa (84.37%) telah tuntas dalam ketrampilan memahami bacaan berbentuk berita dengan rata-rata nilai yaitu 76.1; yang berarti prestasi belajar menulis pantun dengan menggunakan teknik acak kata telah sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu sama dengan atau lebih dari 70. Dari data siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar memahami bacaan berbetuk berita siswa kelas VII SMPN 1 Suruh di tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan teknik mind-mapping menunjukkan hasil yang signifikan atau telah mencapai kriteria keberhasilan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023