Hasil observasi di SDN Pelandakan 1 menunjukkan bahwa setiap kelas belum menggunakan media pembelajaran di kelas, salah satunya adalah penggunaan jam nama malaikat untuk membuat materi ajar yang kreatif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk membuat produk jam nama malaikat dan untuk menentukan apakah jam nama malaikat dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran dalam proses belajar siswa di kelas. Untuk penelitian ini model ADDIE digunakan sebagai metode penelitian dan pengembangan. Model disusun dalam lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Karena keterbatasan waktu dan sumber daya, penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Pelandakan 1. Data dikumpulkan melalui angket validasi yang dianalisis melalui penskoran dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media jam nama malaikat layak untuk digunakan, dengan hasil 89,6% dari analisis kepraktisan siswa. Berdasarkan analisis siswa, dapat disimpulkan bahwa media jam nama malaikat dapat membantu dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024