Penelitian “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Praktik Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Semester IV Tahun Ajaran 2022/2023 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi” adalah penerapan penelitian inovasi pembelajaran dengan metode Project Based Learning (PjBL). Disain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental pada 223 orang mahasiswa dalam 7 kelompok dan lokasi berbeda. Mahasiswa dilibatkan secara aktif dalam setiap tahapan analisis situasi, penentuan masalah, pembuatan dan penyusunan rencana proyek/kegiatan, pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi, menilaian, menginterpretasi, mensintesis, dan mendapatkan informasi untuk menghasilkan bermacam bentuk hasil pembelajaran. Dosen pengampu matakuliah diberikan kesempatan untuk mengelola pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Hasil proses belajar diukur menggunakan teknik analisis model The Times Series Experiment. Hasil akhir penelitian ini adalah mampu meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan presentasi, mengembangkan manajemen organisasi, manajemen pengaturan waktu dan keterampilan penelitian. Peningkatan partisipasi aktif kelompok, kemampuan dalam mimpin tim kerja dan pemikiran kritis pada mahasiswa sesuai target Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Kata Kunci: Pembelajaran, PjBL, KAT, Quasi Experinmental
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024