Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran, kevalidan, keperaktisan, dan keefektifan media pembelajaran miniatur mesin conveyor pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk peserta didik SMK Negeri 1 Karossa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini pendidik dan peserta didik jumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis miniatur mesin conveyor untuk praktik programmable logic controller. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan pengembangan terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. (2) Validasi media pembelajaran oleh validator media, hasil validasi media pembelajaran berada pada kategori sangat valid. Pengukuran tingkat kepraktisan media, berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan hasil kategori praktis. Berdasarkan uji coba menunjukkan hasil rata-rata pre-test 74,63 dan rata-rata pos-test 80,37 serta skor n-gain 0,33, maka media miniatur mesin conveyor termasuk dalam kategori sedang untuk keefektivitasannya.
Copyrights © 2024