Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2023): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Satap Langkeang

Ernawati, Ernawat (Unknown)
Setyawan, Dedy (Unknown)
Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Nurhikmah, Nurhikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar setelah penerapan model Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan melibatkan satu kelompok kelas eksperimen tanpa variabel kontrol. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Satap Langkeang dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa VII-1 SMP Satap Langkeang sebanyak 21 siswa dengan teknik pengamilan sampel adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 69,00 kemudian nilai rata-rata post-test 82,24. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,43 dalam kategori sedang dan berdistribusi normal untuk data hasil belajar. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 < α = 0,025 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Pada post-test juga memperlihatkan bahwa seluruh siswa telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Satap Langkeang . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada materi bentuk aljabar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...