Proses pembelajaran di sekolah dasar sering kali belum mampu mendorong partisipasi aktif siswa dalam mengeksplorasi informasi dan mengemukakan pendapat secara kritis. Kondisi ini berdampak pada rendahnya kompetensi pengetahuan siswa, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 205 siswa, dan sampel penelitian sebanyak 58 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji-t (pooled variance). Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 8,890 > ttabel = 2,003 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Temuan ini mengimplikasikan bahwa model Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif efektif dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk mendorong partisipasi aktif dan peningkatan pemahaman konseptual siswa.
Copyrights © 2023