Kondisi kelas yang kurang kondusif menjadi salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran yang akhirnya berpengaruh terhadap rendahnya kompetensi pembelajaran IPS. Diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi kemampuan penyampaian pendapat siswa secara lebih teratur dan kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Mystery Box terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitain kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan Non-equivalent Kontrol Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 137 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan kelas eksperimen sebanyak 33 orang dan kelas kontrol sebanyak 31 orang. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-T sampel independent. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box dengan kelompok yang tidak dibelajarkan dengan model Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.
Copyrights © 2023