Masa pandemi covid-19 sekarang ini menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara online (daring). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan yang signifikan intensitas perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini ex post facto dengan menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 137 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan sejumlah 59 siswa. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial, uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hubungan antara intensitas perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA dengan thitung (51.730) > ttabel (1,684), hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPA yakni thitung (44,002) > ttabel (1,684), serta hubungan antara intensitas perhatian orang tua dan gaya belajar secara serempak berhubungan signifikan dengan hasil belajar IPA dengan Fhitung>Ftabel yaitu 11,368 > 3,323. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa segala bentuk intensitas perhatian dari orang tua sangat dibutuhkan, karena intensitas perhatian orang tua terhadap proses belajar akan mendorong siswa untuk bertanggung jawab dalam belajarnya dan mencapai prestasi belajar yang baik.
Copyrights © 2023