Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2023): September

Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Siswa Kelas IV SD

Ketut Lina Susanti (Unknown)
I Gede Margunayasa (Unknown)
Ni Wayan Rati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD terhadap budaya lokal disebabkan oleh minimnya informasi bermuatan budaya lokal dalam bahan ajar yang digunakan di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku guna meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 2 orang guru dan 19 siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode non-tes berupa rating scale dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00, yang lebih kecil dari 0,05 pada taraf signifikansi 5%, sehingga buku cerita yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa. Dengan demikian, buku ini dapat menjadi media pembelajaran inovatif yang relevan untuk mendukung pendidikan budaya di sekolah dasar serta memberikan implikasi penting dalam pelestarian budaya lokal melalui pendidikan formal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...