Keterampilan membaca jika tidak ditekankan akan mengakibatkan keterampilan membaca menjadi rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) untuk keterampilan membaca siswa kelas II SD. Penelitian ini merupakan penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli isi materi, dan 2 ahli isi media, dan 3 guru. Subjek uji coba 15 siswa. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, studi dokumen, angket/kuisioner dan rating scale. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, lembar studi dokumen, pedoman observasi, dan lembar rating scale. Teknik menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian oleh validator isi materi memperoleh indeks 0,95 (sangat tinggi), hasil penilaian oleh validator isi media memperoleh indeks 0,95 (sangat tinggi), hasil penilaian kepratisan yang diberikan oleh tiga guru dan lima belas siswa, siswa mendapatkan penilaian dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) layak digunakan untuk keterampilan membaca. Implikasi penelitian ini yaitu sekolah perlu mempersiapkan tempat peletakan buku seperti pojok baca.
Copyrights © 2024