Salah satu masalah yang mendasari penelitian ini adalah kekurangan sumber daya pembelajaran interaktif di sekolah dasar, yang menyebabkan siswa bosan dengan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif game edukasi berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi di kelas IV SD. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tingkat bosan siswa akan berdampak pada hasil belajar mereka dan pemahaman mereka tentang materi. Data dikumpulkan melalui tes dan kuesioner/angket. Untuk penelitian ini, model ADDIE yang digunakan. Data dievaluasi dengan analisis deskriptif kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah media pembelajaran game edukasi berbasis masalah. Objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respons pengguna, dan efektivitas media. Hasil menunjukkan bahwa penelitian pengembangan ini telah berhasil menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman pada muatan IPA materi mengubah bentuk energi kelas IV SD. Indeks validitas media dan materi sangat tinggi. Selanjutnya tingkat pencapaian respon guru, dan kelompok kecil (siswa) mendapat kualifikasi sangat baik. Hasil efektivitas media menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman siswa saat pembelajaran menggunakan media pembelajaran game edukasi berbasis masalah.
Copyrights © 2024