Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2024): January

Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Muatan IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Dewa Gede Agung Raditya Biantara (Unknown)
Nice Maylani Asril (Unknown)
Gede Wira Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Studi ini dilatar belakangi oleh sebagian atau 50% siswa belum aktif sehingga suasana dalam belajar kurang dinamis. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yakni menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Studi ini mengambil subjek media pembelajaran berbasis Augmented Reality, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas media, materi, respon pengguna, dan efektivitas media.  Hasil menunjukaan bahwa (1) penelitian pengembangan berhasil menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar; (2) indeks validasi media dengan kualifikasi validitas sangat tinggi dan analisis kelayakan ahli materi memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikasi validas sangat tinggi; (3) tingkat pencapaian respon guru, dan kelompok kecil (siswa) dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) nilai signifikasi  pada uji-t berkorelasi menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented reality efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya media berbasis augmented reality dapat menambah variasi media berbasis teknologi bagi guru dan bisa digunakan secara daring maupun luring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...