Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2024): January

Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Perubahan Wujud Benda

Ni Kadek Elsya Charlina (Unknown)
I Made Citra Wibawa (Unknown)
Putu Ari Dharmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penggunaan media dan model pembelajaran yang belum optimal dan kurang bervariasi, khususnya pada mata pelajaran IPAS muatan IPA. Hal tersebut mengakibatkan motivasi belajar rendah yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi perubahan wujud benda yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 guru, dan 20 peserta didik kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Hasil penelitian ini memperoleh hasil validitas oleh ahli isi muatan pembelajaran 4,81, oleh ahli media pembelajaran 4,88, kepraktisan oleh guru sebesar 4,85, kepraktisan oleh peserta didik sebesar 4,77, dan hasil uji-t one sample menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka, multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...