Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi
Vol. 3 No. 3 (2024): Juli - September

Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Reward Asyik Di TK Asy - Syarifiyah Garut Kelompok Usia 5 - 6 Tahun

Fadilah , Resti Nurul (Unknown)
Kasih, Delina (Unknown)
Suhardjo , Sudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

RESTI.  Peningkatan  Motivasi  Belajar  Melalui  Reward  ―ASYIK  di  TK  Asy Syarifiyah Garut Kelompok Usia 5 – 6 Tahun (2024). Skripsi. Bekasi: Bekasi: Universitas Panca Sakti Bekasi. 2024 Untuk anak usia dini, disiplin harus dilakukan secara spontan dan menyenangkan. Orang-orang yang paling banyak mempengaruhi kedisiplinan anak adalah guru, masyarakat, dan orang tua. Mendisiplinkan anak berarti mengajarkan mereka apa yang benar dan salah. Anak-anak harus dididik tentang disiplin. Kedisiplinan adalah perilaku berorientasi nilai yang dapat dilakukan secara spontan. Penelitian yang di gunakan yaitu penelitian tindakan kelas guna pendekatan kualitatif untuk menjelaskan masalah yang ada di TK Asy-Syarifiyah Kabupaten Garut, terutama kelompok usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam perilaku belajar disiplin selanjutnya. Dengan menggunakan reward ASYIK untuk membuat anak termotivasi dan senang belajar tentang perilaku disiplin belajar. Pada penelitian tindakan ini peneliti menggunakan prosedur yang disarankan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Menurut grafik 4.5, hasil menunjukkan peningkatan pada siklus pertama sebesar 34%, siklus kedua sebesar 57%, dan siklus ketiga sebesar 79%. Alangkah baiknya jika penghargaan ASYIK ini digunakan di sekolah untuk meningkatkan proses belajar yang aktif, efektif, kreatif, dan inovatif bagi anak usia dini. Untuk menerapkan Reward ASYIK, guru dan kepala sekolah serta orang tua harus berkolaborasi untuk membuat kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dengan metode reward ASYIK, sekolah dapat mengajarkan orangtua tentang apa itu pembelajaran, sehingga orangtua dapat memahami maksud dan tujuan dari metode ini. Penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan keinginan orang tua untuk disiplin belajar pada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpst

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi (E-ISSN : 2963-5373) Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan oleh CV.ITTC – INDONESIA. Redaksi menerima kiriman hasil kajian dan penelitian di bidang ilmu , Pengembangan dan implementasi model pembelajaran, Pengembangan bahan ajar, ...