Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi
Vol. 3 No. 4 (2024): Oktober - Desember

Studi Kualitatif Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Regulasi Diri

Izzati, Azizah Nurul (Unknown)
Kurniawaty, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran regulasi diri dalam meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TKIT IBS Al-Ikhlas Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan observasional dan wawancara. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana anak usia 5-6 tahun mengatur perilaku, emosi, dan proses kognitif mereka untuk mencapai kemandirian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara semi tertrsuktur dengan guru sebagai pengasuh di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri berperan penting dalam kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas sendiri, mengatur waktu, dan mengendalikan emosi. Observasi dan wawancara menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan regulasi diri lebih kuat lebih mampu menunjukkan kemandirian dalam aktivitas sehari-hari. Hasil penelitian juga menyorotkan pentingnya dukungan dan bimbingan orangtua dan sekolah dalam meningkatkan kemampuan regulasi diri anak. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kompleks tentang hubungan antara regulasi diri, kemandirian, dan perkembangan anak usia dini. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bagi desain program pendidikan anak usia dini dan intervensi yang bertujuan meningkatkan kemandirian dan regulasi diri pada anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpst

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi (E-ISSN : 2963-5373) Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan oleh CV.ITTC – INDONESIA. Redaksi menerima kiriman hasil kajian dan penelitian di bidang ilmu , Pengembangan dan implementasi model pembelajaran, Pengembangan bahan ajar, ...