Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah waktu belajar dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar matematika dengan hipotesis penelitian, yaitu (1) waktu belajar berpengaruh secara signifikan signifikan terhadap hasil belajar matematika, (2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika, dan (3) waktu belajar dan motivasi belajar secara bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan angket sebagai instrumennya dengan Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang meliputi statistika deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa waktu belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, motivasi belajar berpengaruh secara signikan terhadap hasil belajar, dan waktu belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.
Copyrights © 2023