GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis
Vol 3 No 03 (2023): EKONOMI DAN BISNIS

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA ASURANSI JIWA SYARIAH: (Studi Kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Muda)

Efriady Siregar, Sahnan (Unknown)
Inda Fadhila Rahma, Tri (Unknown)
Syahriza, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Kualitas layanan didefinisikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh bisnis dalam bentuk barang-barang yang tidak material tetapi dapat dirasakan oleh pelanggan. Impian seorang pemasar, loyalitas klien atau pelanggan seringkali merupakan rahasia kesuksesan jangka panjang sebuah organisasi pemasaran. Aset perusahaan yang paling berharga dan krusial adalah klien atau konsumen setianya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana loyalitas peserta di PT AJS Bumiputera dipengaruhi oleh kualitas layanan.Penelitian ini bersifat kuantitatif dan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Analisis regresi sederhana adalah metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas peserta asuransi (Y) menunjukkan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 0,05), hal ini terlihat dari t hitung sebesar 5,165 lebih dan nilai t tabel adalah 1,66412 (5,165> 1,66412). Berdasarkan temuan tersebut maka HO ditolak dan HA diterima, hal ini menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Oleh karena itu, dihipotesiskan bahwa kualitas pelayanan (X) memiliki pengaruh yang menguntungkan dan substansial terhadap loyalitas partisipan dalam kehidupan syariah. asuransi (Y).Hal ini menunjukkan bahwa asuransi PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Muda memberikan pelayanan dalam kategori baik. Pemasar dan staf asuransi tanggap terhadap setiap keluhan pelanggan, ramah dan sopan kepada semua pelanggan, serta mampu menjelaskan produk yang ditawarkan. Fasilitas kantor dalam kondisi baik dan lengkap. diberikan secara gamblang untuk memancing rasa penasaran nasabah dalam menggunakan jasa asuransi. Kedua, dilihat dari hasilnya. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS IBM 20 menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat memiliki hubungan yang kuat antara faktor kualitas pelayanan dengan loyalitas peserta asuransi jiwa syariah. Koefisien korelasi R sebesar 0,504 terletak pada interval koefisien 0,040-0,599.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gemahripah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis e-ISSN 3021-8241 diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN, yang berkantor di Jl. Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Phone: WA: +62 813-5938-4011, Email: jurnalgemahripah@gmail.com. Sebagai media ...