Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif siswa kelas X SMK Negeri 1 Susut terhadap Kurikulum Merdeka. Sehingga dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan Kurikulum Merdeka, tujuanya untuk memperbaiki kelemahan Kurikulum Merdeka .Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan melakukan observasi kelas, wawancara dengan siswa,dan analisis dokumen terkait. Sepuluh Siswa kelas X menjadi responden dalam wawancara yang difokuskan pada perspektif mereka terhadap Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan pada Kurikulum Merdeka pemahaman siswa terhadap Kurikulum baru menunjukkan, bahwa siswa masih belum paham dalam pengertian Kurikulum Merdeka mereka masih belajar dalam memahami pengertian Kurikulum serta terdapat beberapa siswa yang memiliki karakter pasif dalam mengikuti pembelajaran di kelas, hal ini membuat Guru merasa cemas dalam penerapan Kurikulum Merdeka dalam memahami pengertian Kurikulum, serta dalam kegiatan praktek P5 terdapat beberapa siswa yang mengeluh akan biaya yang digunkan dalam pengerjaan proyek, dalam penerapan Kurikulum baru Guru harus paham betul dengan Kurikulum yang akan diguakan dan dijelaskan kepada siswa agar siswa paham dengan tujuan Kurikulum baru yang diterapkan di SMK Negeri 1 Susut.
Copyrights © 2023