Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi Guru terhadap kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Susut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang mengeksplorasi situasi dan data subjek yang akan di teliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Penelitian ini memberi gambaran serta penjelasan mengenai persepsi Guru Bahasa Indonesia terhadap kurikulum merdeka di SMK N 1 Susut Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni Melalu google formulir, wawancara terhadap Guru Bahasa Indonesia, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa para Guru memberikan perspektif yang cukup baik terhadap Kurikulum Merdeka, Hal ini dapat dibuktikan dari hasil wawancara terhadap 3 orang Guru Bahasa Indonesia yang mengungkapkan hal yang baik dan mendukung diterapkannya Kurikulum Merdeka. Namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi, seperti perangkat pembelajaran, media serta sosialisai-sosialisasi yang harus terus dilaksanakan terhadap tenaga pengajar.
Copyrights © 2024