Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prospektif siswa kelas XI SMK Negeri 1 Susut terhadap kurikulum merdeka. Sehingga dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan kurikulum merdeka, tujuannya untuk memperbaiki kelemahan dari kurikulum merdeka. Pendekatan yang digunakan dalam penelittian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan melakukan observasi kelas dan wawancara dengan siswa, menganalisis dokumen terkait. Dengan mewawancarai sepuluh siswa kelas XI, yang pertanyaannya difokuskan pada pada perspektif mereka terhadap Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka pemahaman siswa terhadap kurikulum ini, bahwa siswa sudah memahami kurikulum dengan baik walaupun masih ada beberapa siswa yang belum paham atau bertindak pasif saat mengikuti pembelajaran berlangsung. Namun hal ini membuat gura merasa sedikit cemas dalam penerapan kurikulum merdeka ini, mengapa demikian karena dalam penerapan kurikulum baru ini seorang guru hanya sebagi fasilitator sedangkan siswa harus bertindak aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Dalam kurikulum ini siswa dituntut untuk berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Dalam penerapan kurikulum merdeka ini guru harus paham betul terhadap kurikulum baru serta menjelaskan kepada siswa agar suiswa memahami tujuan dari kurikulum dari Kurikulum Merdeka yang diterapkan di SMK Negeri 1 Susut.
Copyrights © 2024