Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan. Pertama, guru memiliki file portofolio di dalam kelas sebagai bahan untuk penilaian hasil belajar peserta didik, tetapi guru Sejarah belum melaksanakannya dengan baik. Kedua, guru menggunakan portofolio sebagai bahan untuk melihat keefektifan peserta didik dalam belajar sebelum dan sesudah penggunaan portofolio. Penelitian ini bertujuan dapat mengetahui bagaimana Pemanfaatan Portofolio dalam Penilaian Hasil Belajar sejarah Peserta Didik di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 2 Bukittinggi. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru Sejarah yaitu ibu Adjuaryra Roviydjastepharelindis dan juga peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara, serta studi dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Data meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.Dari hasil penelitian di peroleh bahwa pada saat pelaksanaan penilaian portofolio dan saat melakukan wawancara dengan peserta didik kelas XI IPS 1 dan guru Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bukittinggi. Adapun isi dari portofolio yaitu (1) catatan, (2) penilaian harian, (3) ujian tengah semester, dan (4) ujian akhir semester yang diurut sesuai tanggal. Pelaksanaan penilaian portofolio juga efisien dan efektif dilakukan dalam penilaian hasil belajar peserta didik, hal ini terlihat dari peserta didik yang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas, serta tujuan penilaian portofolio yang telah ditetapkan oleh guru Sejarah sebelum memulai pembelajaran. Penilaian portofolio ini dilihat dari kelengkapan isi dari portofolio. Portofolio juga membantu dan memudahkan guru dalam menilai kelebihan dan kekurangan peserta didik, serta memudahkan guru dalam menentukan nilai akhir peserta didik.
Copyrights © 2023