Journal Cerdas Mahasiswa
Vol 6, No 1 (2024)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 23 PASIR SEBELAH KOTA PADANG

Febriani, Nurtiya (Unknown)
Septiana, Vini Wela (Unknown)
Susanti, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik kurang mengasah kemampuan berpikir kritisnya terutama pada keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis oada keterampilan menulis peserta didik kelas V SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I sampai kelas VI SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik dengan dua kelas yaitu kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen ialah kelas VA yang berjumlah 17 peserta didik dan kelas kontrol yaitu kelas VB yang berjumlah 19 peserta didik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada keterampilan menulis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t yang menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang menyatakan dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada keterampilan menulis peserta didik kelas V SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Hasil analisis data diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen ialah 80,82 sedangkan pada kelas kontrol ialah 74,73.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Cerdas Mahasiswa diterbitkan pertama kali januari 2009 oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang dengan nama jurnal Cerdas. Journal Cerdas Mahasiswa mulai tahun 2019 terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Oktober. Journal Cerdas Mahasiswa mulai volume 3 no 1 sudah ...