Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di UPT SMAN 8 Pinrang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X UPT SMAN 8 Pinrang, menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas X.E.1. Instrumen yang digunakan terdiri dari perangkat pembelajaran, lembar observasi, serta tes tertulis kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) seluruh pembelajaran selama tiga kali pertemuan terlaksana dengan baik; (2) rata-rata aktivitas siswa aktif selama pembelajaran; (3) rata-rata pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa berturut-turut berada pada kategori rendah dan sedang, sedangkan rata-rata peningkatan n-gain score berada pada kategori sedang; (4) rata-rata pretest dan posttest pemahaman konsep matematika siswa berturut-turut berada pada kategori rendah dan tinggi, sedangkan rata-rata peningkatan n-gain score berada pada kategori sedang. Adapun hasil dari analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa yang dilihat dari peningkatan N-gain score keduanya yang berada pada kategori sedang.. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep Matematika
Copyrights © 2024