Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media wordwall berbasis game terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Pre Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Jenis teknik sample yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil deskriptif menunjukkan bahwa nilai tes awal (pretest) siswa yaitu 53,19 dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (posttest) menjadi 84,29. Berdasarkan hasil statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa setelah diberi perlakuan berupa media pembelajaran wordwall lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum diberi perlakuan. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample T-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wordwall berbasis game sangat efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru. Kata Kunci: Efectivitas, Wordwall, Hasil Belajar
Copyrights © 2023