Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal-soal kuesioner mengenai penilaian calon guru matematika terhadap jawaban Multiple Solution Methods (MSM) khusus materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Metode penelitian adalah metode survei, yaitu penyebaran kuesioner penelitian dengan responden sebanyak 30 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Mulawarman. Pada penelitian ini terdapat 4 butir soal MSM dengan masing-masing soal terdiri dari 3 jawaban yang caranya berbeda-beda (multiple solution methods) tetapi semuanya benar. Ketiga cara menjawab tersebut yaitu cara yang diajarkan dalam materi SPLDV (cara A), cara yang tidak diajarkan dalam materi SPLDV tetapi diajarkan dalam materi lain (cara B), dan cara menggunakan strategi heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua butir valid dan memiliki reliabilitas dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis statistik yang dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson diperoleh nilai untuk soal 1 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,636, 0,689 dan 0,807; soal 2 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,618, 0,771, dan 0,773; soal 3 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,614, 0,803, dan 0,782; soal 4 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,586, 0,856, dan 0,808. Karena seluruh (0,463), maka dapat disimpulkan masing-masing butir soal valid. Adapun reliabilitas kuesioner dihitung menggunakan Spearman Brown diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,957 maka dapat disimpulkan bahwa kuesioner pada penelitian ini memiliki reliabilitas dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Analisis Butir, Penilaian, Multiple Solution Tasks, Multiple Solution Methods
Copyrights © 2024