Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang formulasi bisnis strategis dengan pendekatan elemen-elemen Business Model Canvas (BMC) sehingga dapat diterapkan secara efektif pada Koperasi Asperindo. Metodologi penelitian ini mencakup pengumpulan data dengan teknik triangulasi (kombinasi berbagai teknik), serta analisis data yang bersifat kualitatif dengan fokus pada pemahaman mendalam dan komprehensif. Analisis data dilakukan melalui studi lapangan dan tinjauan literatur, diikuti oleh identifikasi masalah yang ada, penentuan tujuan penelitian, serta pengumpulan dan pengolahan data menggunakan pendekatan BMC. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti memberikan saran dan rekomendasi kepada koperasi. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa Koperasi Asperindo memiliki 9 elemen dalam peta BMC-nya. Melalui analisis QSPM, prioritas strategi yang paling optimal bagi Koperasi Asperindo adalah strategi penetrasi pasar dengan nilai TAS 6,08. Setelah menentukan strategi optimal ini, dilakukan redesain BMC Koperasi Asperindo. Hasil dari redesain menunjukkan ada 5 elemen yang perlu dioptimalkan, yaitu: Proposisi Nilai (Value Propositions), Hubungan dengan Pelanggan (Customer Relations), Saluran (Channels), Sumber Daya Utama (Key Resources), dan Mitra Utama (Key Partners) untuk memberikan saran terbaik bagi Koperasi Asperindo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024