Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 2 No. 3 (2024): September

Pengaruh Media Youtube Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesia

Nurwanti, Tina (Unknown)
Suryandari, Savitri (Unknown)
Desiningrum, Noviana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Proses belajar mengajar adalah inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Tugas guru yang utama adalah mewujudkan tujuan pembelajaran di sekolah dan mengembangkan potensi siswa. Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas IV SD Al Hikmah Simo Kalangan Surabaya maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: media youtube dalam pembelajaran siswa kelas IV-A materi Indonesia Kaya Budaya pada mata pelajaran IPAS terlaksana dengan baik. Dengan adanya bantuan kelas kontrol yang menjadi dasar, maka peneliti mendapatkan data-data dan dapat mengolah data yang telah ada, dengan hasil berdasarkan uji hipotesis bahwa hasil sig 0,006 < 0,05, dimana artinya penggunaan media youtube berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. dengan hipotesis yang ditetapkan H0 ditolak dan H1 diterima, menjawab hipotesis bahwa ada pengaruh antara penggunaan media youtube dengan hasil belajar IPAS siswa. Hal tersebut sesuai dengan standar kriteria yang sudah ditentukan, baik dari standar uji normalitas dengan data yang sudah normal, uji homogen dengan varians yang sudah homogen, dan uji t.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...