Banyak alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk merangsang daya kreativitas siswa dan memancing keterampilan siswa untuk aktif berbicara, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan efektif merangsang kecerdasan berpikir. Model Cooperatif Leraning Tipe Auditory, Intelectually, Repetition Pada Keterampilan Berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Auditory Intelectually Repetition pada Keterampilan Berbicara, dan untuk memadupadankan dengan setiap langkah pembelajaran kurikulum 2013 dengan keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Kepustakaan (Library Research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber primernya yaitu dokumen (artikel jurnal, atau disertasi, tesis, skripsi) yang ditulis oleh seseorang yang melakukan penelitian, atau yang telah memformulasikan teorinya atau pandangan-pandangannya dan dipaparkan dalam suatu dokumen. Sedangkan untuk data sekundernya terdiri dari Al-Qur’an, jurnal, dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar tema 3 subtema 1. Sumber data sekunder yang penulis dapat yaitu di perpustakaan Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, serta meliputi bibliografi buku-buku teks. Dalam hal ini penulis mengambil dari buku-buku yang berkaitan langsung dengan pembahasan Model Air, dan buku yang berkenaan dengan keterampilan berbicara, serta buku tema pegangan guru dan siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa model Cooperatif Learning Tipe Auditory Intelectually Repetition memberikan pengaruh terhadap keterampilan berbicara. Hal ini dapat dilihat pada setiap langkah pembelajaran kurikulum 2013 pada syntak model Cooperatif Learning Tipe Auditory Intelectually Repetition pada keterampilan berbicara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024