Pembelajaran bahasa Sunda di sekolah berperan penting dalam melestarikan warisan budaya Indonesia khususnya di Pulau Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran bahasa Sunda terhadap prestasi akademik siswa SDIT Citra Insan Kabupaten Bekasi dan memahami faktor-faktor yang relevan. Penelitian ini menggunakan Metode korelasi statistic untuk menganalisis data hasil observasi, tes dan evaluasi kinerja siswa. Analisis data diawali dengan berbagai asumsi yang dipergunakan untuk sebuah statistik tertentu, di teruskan dengan melaksanakan Uji Normalitas. Hasilnya menunjukkan adanya hubungan yang positif antara intensitas pembelajaran bahasa sunda dengan prestasi akademik, dan penilaian rapor juga mencakup aspek non akademik. Pembelajaran bahasa Sunda juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran serta membantu melestarikan budaya lokal dan memberikan keunggulan kompetitif di era globalisasi. Menambahkan bahasa Sunda ke dalam kurikulum dapat dianggap sebagai investasi berharga dalam pengembangan siswa secara menyeluruh.
Copyrights © 2024