Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD Negeri 43 Lubuklinggau

Hafsari, Dinda Dwi (Unknown)
Aswarliansyah, Aswarliansyah (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui tuntasnya hasil belajar Tematik siswa kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau dan sekaligus Sampel penelitian yang berjumlah 33 Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 19 soal. Data yang terkumpul dianalisis dengan penggunaan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung (10,3) ≥ ttabel (1,693) Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Tematik dengan menggunakan model Make a Match dengan signifikan tuntas. Rata-rata hasil belajar pre-test (41,78) dan post-test (81,33). Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar, Tematik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...