Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 7 No. 1 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Peranan Guru Penggerak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP Negeri 16 Surakarta

Desilva Sindra Javanis (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sartini Sartini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rita Dwi Nawanti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Shodiq Purnomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Andriani Chondro Retno Handayaningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sutama Sutama (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

Tenaga pendidik yang professional memiliki peranan penting dalam mendidik peseta didiknya sehingga mencapai tujuan Pendidikan nasional yang telah ditetapkan, tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing dan mengarahkan serta melatihm menilai dan mengevaluasi peserta didiknya. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran seorang guru harus terlebih dahulu memahami peserta didiknya dengan konsep kurikulum yang berlaku saat ini mengenai konsep kurikulum dan pembelajaran termasuk kemampuan dalam pengembangan kurikulum disekolah, dengan kemampuan tersebut diharapkan guru mampu menerapkan kurikulum Merdeka disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan narasumber guru penggerak SMP Negeri 16 Surakarta dengan cara pengumpulan data dengan Teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Guru penggerak merupakan seorang yang dituntut untuk selalu mengembangkan diri dan pengetahuan dan keterampilannya sebagai bekal. Terlebih pada saat ini kurikulum Merdeka belajar baru saja diterapkan pada proses Pendidikan dan diharapkan dapat membantu guru lain mewujudkan tujuan pembelajaran kepada setiap peserta didiknya agar mereka bisa menghadapi tantang yang berlangsung. Kata kunci: Peran Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka, SMPN 16 Surakarta

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...