Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 7 No. 1 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengembangan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri (PATOGE) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX SMP

Zulfatun Nawfa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Mohamad Waluyo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Transformasi geometri merupakan salah satu materi matematika yang penting untuk dipelajari di tingkat SMP. Namun, materi ini sering dianggap sulit oleh siswa karena abstrak dan kurang kongkret. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan ini adalah dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga papan transformasi geometri untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IX SMP. Alat peraga ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu papan dasar dan papan transformasi. Papan dasar terbuat dari tripleks, sedangkan papan transformasi terbuat dari seng yang dilapisi dengan stiker. Alat peraga ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan berbagai macam transformasi geometri, seperti refleksi, rotasi, translasi, dan dilatasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah 17 siswa kelas IX SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga papan transformasi geometri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IX SMP. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 57,65 menjadi 79,41. Kata Kunci : Transformasi Geometri, Alat Peraga, Papan, Pengembangan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...