Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek dalamĀ  penelitian ini siswa kelas II SDN Ngadirejo 4 Kartasura yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa dokumentasi dan tes. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa. hasil penelitian menunjukan peningkatan nilai rata-rata siswa yang awalnya 50,83 pada pra-siklus menjadi 70,83 di siklus I dan selanjutnya naik menjadi 89,17 di siklus II. Peningkatan ini terjadi karena model TGT mendorong siswa menjadi lebih antusias dan aktif selam proses pembelajaran, yang berkontribusi besar terhadap peningkatan hasil belajar mereka. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT dengan dukungan media permainan ular tangga berhasil meningkatkan hasil belajar matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024