Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI OTAM , bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas denga mengguankan model discovery learning, perangkat yang dikembangkan menggunakan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dengan sedikit revisi, dilihat berdasarkan hasil rata-rata validasi dengan nilai 3,4–3,5, tingkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan Pemecahan masalah (problem solving) peserta didik yang terdiri dari ranah kognitif diperoleh N Gain 0,54, dengan kriteria N gain sedang, ranah sikap dengan rata-rata presentase sebesar 81,02% serta rata-rata presentase pada ranah keterampilan 86,60% dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan sebesar 79,66% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan rata-rata presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan sebesar 86,67.
Copyrights © 2024