Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak token ekonomi dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan anak tunagrahita kelas X di SLB E Bhina Putera Surakarta, Tahun Ajaran 2023/2024. Perilaku kedisiplinan yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah perilaku kedisiplinan di lingkungan sekolah, yang meliputi aspek disiplin dalam hal waktu, dan disiplin dalam hal perbuatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian adalah 1 orang anak kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi terstruktur. Teknik validitas data menggunakan validitas isi, dimana instrumen yang disusun berdasarkan teori kemudian dikonsultasikan kepada para ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik statistik deskriptif, di mana data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel untuk memberi gambaran mengenai perubahan data pada setiap sesi. Hasil penelitian membuktikan bahwa token ekonomi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kedisiplinan anak tunagrahita kelas X di SLB E Bhina Putera Surakarta yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai perilaku kedisiplinan pada baseline-1 sebesar 24,07% (rendah), meningkat menjadi 53,33% (sedang) saat fase intervensi, lalu meningkat lagi saat fase baseline-2 yaitu sebesar 62,03% (sedang).
Copyrights © 2024