Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari masih rendahnya memahami profiling dan gaya belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil peserta didik kelas V dan gaya belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari, Kecamatan Kembaran, sebanyak 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi profiling dan angket gaya belajar. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini setiap indikator profiling peserta didik mendapatkan hasil yang menunjukkan perkembangan positif, peserta didik sudah baik mengenal profilingnya dan indikator gaya belajar peserta didik mendapatkan kecenderungan gaya belajar peserta didik kelas V adalah gaya belajar visual. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peserta didik kelas V telah mengetahui profiling dengan baik, guru kelas menjalankan perannya untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan agar karakteristik peserta didik kelas V berkembang baik. Gaya belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari menunjukkan bahwa gaya belajar visual mendapatkan presentase 95% dengan jumlah 12 peserta didik, gaya belajar auditori mendapatkan presentase 76% dengan jumlah 2 peserta didik, dan gaya belajar kinestik mendapatkan presentase 68% dengan jumlah 1 peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024