SPEED: Journal of Special Education
Vol. 7 No. 2 (2024): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Siswa Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku Di Surakarta

Martika, Tias (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan perilaku agresivitas siswa dengan hambatan emosi dan perilaku di SLB Bhina Putera surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain non-eksperimental jenis korelasional. Subjek penelitian ini merupakan siswa dengan hambatan emosi dan perilaku sejumlah delapan siswa yang dipilih melalui teknik incidental sampling. Data diperoleh melalui skala kematangan emosi dan skala agresivitas. Setelah kedua instrumen terisi, data kemudian di analisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan SPSS. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh angka korelasi sebesar -0,942 dengan taraf signifikansi 1% sebesar 0,789. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kematangan emosi berhubungan negatif dengan agresivitas siswa dengan hambatan emosi dan perilaku dengan tingkat keyakinan sebesar 99%. Artinya semakin tinggi tingkat kematangan emosi semakin rendah agresivitas, begitu pula sebaliknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...