SPEED: Journal of Special Education
Vol. 8 No. 1 (2024): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Pengaruh Permainan Engklek Random Picker Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas V di SLB YRTRW Surakarta

Aini, Nur Fauziah Qurratul (Unknown)
Prakosha, Donni (Unknown)
Priyono , Priyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek random picker terhadap kemampuan menyusun kalimat pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta sejumlah 7 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes tertulis dalam bentuk soal uraian terbatas berjumlah 10 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan mPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek random picker terhadap kemampuan menyusun kalimat pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta sejumlah 7 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes tertulis dalam bentuk soal uraian terbatas berjumlah 10 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan Wilcoxson Sign Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai pada pretest dan posttest sebesar 28,086 yang terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 59,057 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 87,143pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxson Sign Rank Test menunjukkan nilai Zhitung = -2,375b dengan Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,018 pada taraf signifikanfi (?) yaitu 0.05 atau 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan engklek random picker berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta. enggunakan Wilcoxson Sign Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai pada pretest dan posttest sebesar 28,086 yang terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 59,057 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 87,143pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxson Sign Rank Test menunjukkan nilai Zhitung = -2,375b dengan Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,018 pada taraf signifikanfi (?) yaitu 0.05 atau 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan engklek random picker berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat peserta didik tunarungu kelas V di SLB YRTRW Surakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...