Solidaritas
Vol 7 No 1 (2023): Solidaritas

KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAGER KEPADA KARYAWAN DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN DI MCDONALD’S THE PARK SOLO BARU

Meilyasari, Monica (Unknown)
Riyanto, Buddy (Unknown)
Hindra Hastuti, Nurnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran komunikasiinterpersonal manager kepada karyawan dalam menjaga kualitas pelayanan diMcDonald’s The Park Solo Baru. Penelitian ini menjabarkan bahwa perankomunikasi interpersonal dan keramah tamahan manager dan karyawansangat penting dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Penelitianini dilakukan di McDonald’s The Park Solo Baru menggunakan metodologideskriptif kualitatif dengan mengambil narasumber manager dan karyawanMcDonalds The Park Solo Baru. Instrumen penelitian yang digunakan adalahdata primer dan sekunder berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitiannya adalah proses komunikasi yang terjalin antara managerdan karyawan yang bertujuan untuk menjaga kualitas pelayanan danhubungan baik di setiap komunikasi yang berlangsung agar dapatmengangkat dan mempertahankan citra baik restoran tersebut. Selain itu,komunikasi interpersonal didukung oleh adanya keterbukaan, kepercayaan,dan sikap saling mendukung.Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Atasan dan Bawahan, Pelayanan

Copyrights © 2023