SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 3 (2024)

E-MODUL BARISAN DAN DERET SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

USWATUN HASANAH (Universitas Terbuka)
TATAG YULI EKO SISWONO (Universitas Negeri Surabaya)
TRI DYAH PRASTITI (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

The aim of this research is to analyze the increase in critical thinking skills after being taught using the sequence and series e-module developed using the ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate) model. The subjects involved in the e-module trial were 30 students in class X and 30 students in the experimental class with a population of 343 class X students at SMAN 1 Paciran. The instruments used in the test sheet research (pretest and posttest) to determine the increase in critical thinking skills were using a one-sided t test (one group pretest-posttest) and the N-gain score test. The results of the research show that through the ADDIE stage valid e-module sequences and series were produced based on expert validation, effective, demonstrated by students' learning completeness getting an average score of 77.63, including the high category, the results of the practicality test of using e-modules in learning can be measured from implementation. In the learning process in class, the teacher's response to learning and student activities in learning obtained an average score of 3.50, which is in the high category, so this e-module is practical for use in learning. Students' critical mathematical thinking abilities experienced a significant increase through the paired t test and the N-Gain value obtained an average result of 0.71 in the high category. In this way, e-modules for sequences and series can be applied as a form of innovation in current technology-based mathematics learning. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah diajarkan menggunakan e-modul barisan dan deret yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek yang terlibat dalam ujicoba e-modul sebanyak 30 siswa dalam satu kelas X dan 30 siswa kelas eksperimen dengan populasi sebanyak 343 siswa kelas X di SMAN 1 Paciran. Instrumen yang digunakan pada penelitian lembar tes (pretest dan postes) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan uji t sepihak (one group pretest-posttest) dan uji N-gain skor. Hasil penelitian menunjukkan melalui tahap ADDIE dihasilkan e-modul barisan dan deret yang valid berdasar validasi ahli, efektif ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 77,63 termasuk kategori tinggi, hasil uji kepraktisan penggunaan e-modul dalam pembelajaran dapat diukur dari keterlaksanaan dalam proses pembelajaran di kelas, respon guru terhadap pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 3,50 termasuk kategori tinggi sehingga e-modul ini praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis matematika siswa mengalami peningkatan yang signifikan melalui uji t berpasangan dan nilai N-Gain mendapatkan hasil rata-rata 0,71 dengan kategori tinggi. Dengan demikian e-modul barisan dan deret dapat diterapkan sebagai bentuk inovasi dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...