Jurnal Basicedu
Vol. 3 No. 2 (2019)

KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTU VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 TERBAN KUDUS

Muhyiddin, Muhammad (Unknown)
Ikha Listyarini, Ikha (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya permasalahan pembelajaran IPS kelas V seperti siswa kurang aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa asyik bermain sendiri. Tujuan dari penelitian ini “untuk mengetahui apakah model role playing berbantu video animasi efektif terhadap kemampuan berbicara siswa pada kelas V di SDN 01 Terban Kudus”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Diperoleh hasil Uji Normalitas awal data pretest diperoleh L0 = 0,1443 dengan sebesar Ltabel = 0,190. Karena L0 < Ltabel maka hipotesis dapat diterima dan data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji normalitas akhir menggunakan nilai posttest. Dengan menggunakan nilai posttest diperoleh L0 = 0,132 dengan sebesar Ltabel = 0,190 maka hipotesis dapat diterima dan data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil analisis data akhir untuk pengujian hipotesis pada hasil belajar pretest dan posttest didapatkan thitung (21,47603) > ttabel (1,725) untuk nilai hasil belajar, dimana menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak . Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing efektif terhadap kemampuan berbicara siswa  kelas V SDN 01 Terban Kudus

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...